Puisi Aku Ingin Pulang | S Retno Indaryanti

AKU INGIN PULANG
Karya : S. Retno Indaryanti (Lie Phan)

Dulu……
‘Kalau saja…….mungkin sekarang……’
‘Seandainya……barangkali saat ini…..’
‘Seharusnya ……jadi kita sudah……’

Aku mengetuk jendela kamarku
Meruntuhkan salju yang menggunung
Memberikan panorama yang bersih, putih
Memberikan keamanan jiwa ragaku……
Betapa bedanya dengan negeriku yang penuh warna

Aku merindukan hijaunya permadani sawahku
Aku merindukan bau amis pantaiku
Aku merindukan sejuknya pegununganku
Aku merindukan suara-suara pedagang pasarku
Aku sungguh merindukan negeriku……

‘You miss something, Dady?’ aku diam saja
‘You will go home, Dady!’ akupun diam saja
Gadis kecil pirang ini memberikan tissue,
untuk menghapus deras air mataku,
karena aku tidak punya jawaban………

aku memasuki gedung megah bertingkat puluhan,
menuju loket dan mengeluarkan tanda diriku,
‘Are you Indonesia, Sir?’ sepercik senyum asia menyapaku
Aku tertegun sejenak…… (mengangguk dalam hati?
‘No!’ suaraku menikam jantungku…..

Kalau saja dulu…..


Category Article ,